Minggu, 29 November 2015

Neraca Lajur Perusahaan Dagang

Pengertian Neraca Lajur
Neraca lajur adalah kertas berkolom yang digunakan sebagai keras kerja dalam penyesuaian laporan keuangan penggunaan neraca lajur dapat mengurangi kesalahan terlupakannyan salah satu ayat penyesuaian yang harus dilakukan .
Disamping itu ,neraca lajur juga dapat digunakan untuk memeriksa ketetapan perhitungan yang dilakukan dan memungkinkan penyusunan secara logis yaitu :
tiga baris pertama nama perusahaan
nama kertas kerja
jangka waktu yang di cakup

Tujuan Pembuatan Neraca Lajur
Untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan
Untuk menggolongkan dan meringkas informasi dari neraca saldo dan data penyesuaian, sehingga merupakan persiapan sebelum disusun laporan keuangan yang formal.
Untuk mempermudah menemukan kesalahan yang mungkin dilakukan dalam membuat jurnal penyesuaian.

Bentuk Neraca Lajur

Neraca Saldo
Neraca saldo adalah daftar saldo akun-akun yang ada dalam buku besar perusahaan suatu saat tertentu angka-angka yang terdapat dalam neraca saldo itu di ambil dari saldo-saldo akun yang ada di buku besar.
Jurnal Penyesuaian
Jurnal penyesuaian adalah adalah ayat jurnala yang biasanya dibuatpada akhir suatu priode akuntansi untuk mengoreksi  akun-akun tertentu sehingga mencerminkan keadaan aktifa , kewajiban, pendapatan, beban, dan modal.
 Ada dua jurnal penyesuaian yaitu:
1.Jurnal penyesuaian untuk transaksi yang belum di catat
2.Jurnal penyesuaian untuk mengoreksi saldo akun yang sudah tidak mencerminkan keadaan sebenarnya.
Neraca Saldo Disesuaikan
Neraca saldo disesuaikan adalah neraca saldo yang telah disesuaikan dengan jurnal penyesuaian. Dalam neraca saldo di sesuiakan setiap saldo akun yang ada di kolom neraca di tambah atau di kurangi dengan jurnal penyesuaian yang ada sehingga di peroleh saldo yang telah di sesuaiakan dalam kolom neraca saldo disesuaikan saldo-saldo dalam kolom ini kemudian di pindahkan ke kolom neraca atau laporan laba rugi pemindahan saldo-saldo akun tersebu ke halaman neraca /laporan laba rugi tergantung pada jenis akun yang bersangkutan.
Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah ikhtisar pendapatan dan laba suatu perusahaan untuk suatu jangka waktu tertentu .laporan laba rugi menujukan hasil usaha suatu perusahaan dalam jangka waktu tertentu           
Contoh soal :

Dari neraca saldo tersebut, kita diminta untuk membuat neraca lajur dengan data penyesuaian sebagai berikut:

1.                   Perlengkapan (supplies) yang masih ada per 31 desemer Rp 50.000,-
2.                  Gaji pegawai yang masih harus dibayar Rp 18.000,-
3.                  Biaya bunga yang masih harus dibayar Rp 4.000,-
4.                  Depresiasi peralatan salon Rp 25.000,- /tahun
Nah.. dari data diatas, sebelum kita ke format neraca lajur terlebih dahulu kita buat Ayat Jurnal penyesuaiannya. Dapat disajikan seperti tabel berikut
Nah.. dari data diatas, sebelum kita ke format neraca lajur terlebih dahulu kita buat Ayat Jurnal penyesuaiannya. Dapat disajikan seperti tabel berikut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar