PENGENALAN LOGICAL AGENT
(IMAS YUNITA SARI 15114235, SITI MEDIANA F 1A114368, WORO SARASWATI 1C114323 )
Logic merupakan jantung dari program, para pemrogram
mempunyai keyakinan bahwa sebuah computer dapat dibuat mengerti logika, maka
computer dapat dibuat untuk berfikir, karena logika kelihatannya menjadi inti
dari kecerdasan.
1 Problem
solving agent hanya bisa menyelesaikan masalah yang lingkungannya accessible
2 Kita
membutuhkan agen yang dapat menambah pengetahuan dan menyimpulkan keadaan
3 Agent yang
akan membantu seperti ini kita beri nama knowledge based agent
Knowledge based agent
Komponen utama dari knowledge based agent adalah
knowledge basenya. Knowledge base (KB) adalah kumpulan representasi fakta
tentang lingkungan atau dunia yang berhubungan atau menjadi daerah bekerjanya
agen. Setiap representasi dalam KB disebut sebagai sebuah sentence yang
diekspresikan dalam sebuah bahasa yakni knowledge representation language
1
Representasi Pengetahuan yang bersifat general.
2 Kemampuan
beradaptasi sesuai temuan fakta.
3 Kemampuan
menyimpulkan sesuatu dari pengetahuan yang sudah ada.
Syarat Representasi KB:
1 Representational Adequacy
kemampuan merepresentasikan semua pengetahuan yang
dibutuhkan dalam domainnya
2 Inferential Adequacy
kemampuan memanipulasi struktur pengetahuan untuk
membentuk struktur baru dalam menampung pengetahuan baru hasil inferensi
3 Inferential
Efficiency
kemampuan untuk manambahkan informasi untuk
mempercepat pencarian dalam inferensi
4 Acquisitional Efficiency
kemampuan untuk menambah informasi baru secara
mudah.
Pengetahuan yang dimiliki agent tidak berguna jika
ia tidak melakukan apapun Karenanya kita perlu menambahkan aturan agar dia
dapat bergerak (complete the knowledge base).
Beberapa tahapan yang dilakukan dalam menyusun
knowledge based agent:
·
Untuk dapat menyusun sebuah knowledge
based agent maka kita harus terlebih dulu bisa menyusun knowledge basenya itu
sendiri.
·
Untuk menyusun knowledge base kita perlu
menentukan bagaimana cara kita merepresentasikan pengetahuan kita (knowledge
representation)
·
Knowledge representation kita harus
merupakan bentuk yang mudah disimpan dan digunakan pada komputer. Dalam
perkuliahan ini kita menggunakan beberapa macam knowledge representation
language
Wumpus World
Performance measure: emas +1000, mati -1000, gerak
-1, panah -10
Environment: Matriks 4x4 kamar. Initial state [1,1].
Ada gold, wumpus dan pit yang lokasinya dipilih secara acak
Percept:
Breeze: kamar di samping lubang jebakan ada hembusan angin
Glitter: kamar di mana ada emas ada kilauan/sinar
Smell: kamar di samping Wumpus berbau busuk
Action: maju, belok kiri 90◦ , kanan 90◦ , tembak
panah (hanya 1!), ambil benda
Sifat Wumpus :
·
(Fully) observable? Tidak, hanya bisa persepsi local
·
Deterministic? Ya, hasil tindakan jelas & pasti
·
Episodic? Tidak, tergantung action sequence
·
Static? Ya, gold, wumpus, pit tidak bergerak
·
Discrete? Ya
·
Single agent? Tidak
Logic in General - Models and Entailment
Logic adalah bahasa formal untuk merepresentasikan
informasi sedemikian hingga kesimpulan dapat dibuat dalam pembuatan kesimpulan pasti harus
menggunakan bahasa yg benar dalam pembuatan bahasa yang tepat Syntax mendefinisikan
kalimat-kalimat pada bahasa kemudian
Semantics mendefinisikan arti kalimat; misal, mendefinisikan kebenaran sebuah
kalimat
Entailment berarti sesuatu fakta bisa disimpulkan
dari (kumpulan) fakta lain Entailment dapat juga berarti sebuah hubungan antar
kalimat ( syntax) yang didasarkan pada semantics kemudian Model adalah sebuah
“dunia” di mana kebenaran suatu sentence bisa diuji.
Contoh:
Entailment :
KB mengandung sentence “Anto ganteng” dan “Ani
cantik”.
KB |= α1: “Anto ganteng dan Ani cantik”
KB 2 α2: “Anto pintar”
x + y = 4 |= 4 = x + y
Contoh :
Model :
M(α) adalah himpunan semua model dari α
KB= Anto ganteng dan Ani cantik.
α = Anto
ganteng
https://rinnooberta.wordpress.com/2013/10/18/2-logical-agents/
http://share.its.ac.id/pluginfile.php/1369/mod_resource/content/1/8._Propotional_Logic.pdf
http://staf.cs.ui.ac.id/WebKuliah/IKI30320/materi/200607%20Genap/iki30320_20070326_handout_rev.pdf
Matakuliah : Peng. Teknologi Sistem Cerdas#
Tidak ada komentar:
Posting Komentar